Minggu, 24 Desember 2017

Teknik Jitu Dalam Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal

         Apabila dibandingi dengan pemeliharaan patin di kolam tanah, harapan hidup di kolam terpal sangatlah tinggi sekitar 80%. Hasilnya ikan patin sanggup untuk menyesuaikan di beraneka macam air dengan tingkat keasaman berbeda. Tentunya teknik beternak dengan kolam terpal akan memudahkan peternak untuk dapat memantau keadaan dan perkembangan ikan. Selain itu, kolam terpal juga sangatlah murah dan hemat air.


Tips Pengelolaan Kolam Patin Di Kolam Terpal

        Berikut ini beberapa kiat budidaya ikan patin di kolam terpal yang dapat diaplikasikan untuk menempuh hasil yang maksimal. Tersebut pertama yakni pemilihan macam kolam terpal, ada 4 macam kolam yang masing-masing dapat Anda pilih pantas dengan anggaran dan pertimbangan lokasi. Untuk keempat macam hal yang demikian antara lain :
  • Kolam keseluruhan
  • Kolam tembok dilapisi terpal
  • Kolam tanah dilapisi terpal
  • Kolam terpal instan

        Tersebut kedua yakni kesiapan alat-alat penyokong untuk budidaya patin, Anda harus menyediakan beberapa kelengkapan seperti pompa air, blower, paralon (dapat juga diganti dengan selang), ember, penjaring untuk memanen benih (krakat atau waring).

        Berikutnya, seputar teknik pembesaran dan pembibitan, sebelum Anda  menyebarkan benih, isi dahulu kolam terpal dengan air dengan ketinggian maksimal 20 cm. Hingga hari ke 5, tambahkan volume air secara berjenjang, sesudah itu sebarkan benih sesuai dengan ukuran kolam. Umpamanya dengan menyebarkan sekitar 20 ribu di kolam berukuran 2 x 1 x 0,5 meter untuk pembibitan permulaan.

        Selama sebulan, benih-benih ini harus diberi pakan cacing sutra atau kutu air yang telah dibersihkan dalam air desinfektan. Sebenarnya budidaya ikan patin ini sangatlah mudah, asalkan Anda rajin melakukan pengecekan dan pengendalian pada masa-masa permulaan pemeliharaan. Saat memanen bahkan Anda tinggal menggunakan kantong plastik sebagai krakat atau benda lainnya (yang penting dapat diaplikasikan untuk menjaring).


 

Karakteristik Patin

        Bisnis ternak patin memang termasuk yang diandalkan bagi beberapa masyarakat. Apabila Anda hendak budidaya ikan patin, pantasnya Anda harus mengetahui dahulu beberapa karakteristik penting dari ikan ini. Masyarakat umum biasanya mengetahui ikan ini sebagai lele atau catfish. Ikan ini sanggup menyesuaikan setiap kandungan oksigen di dalam air yang mereka tempati, jadi tak perlu repot untuk mengganti atau mengalirkan dalam waktu berdekatan.

        Perlu diketahui, Anda masih tetap menguras dan mengisinya dengan air baru. Untuk penyesuaian suhu, ikan ini memang agak kesusahan untuk mengikuti keadaan, namun Anda dapat mempertimbangkan suhu sekitar 28-30 derajat celcius untuk masing-masing kolam. Metode paling safety yakni dengan membangun kolam terpal di dalam ruangan.

        Patin juga diketahui sebagai salah satu binatang nokturnal, mereka selalu bersembunyi di lubang-lubang atau dasar air. Tak heran jika warna kolam cenderung gelap akan memudahkan mereka untuk hidup. Sebetulnya ikan ini memang menetap didasar air dan memakan binatang-binatang kecil disekitarnya. Lazimnya patin akan keluar dari sarang pada malam hari atau ketika cahaya sang surya meredup.

        Nah, ada satu hal yang penting ketika Anda hendak menyebarkan benih-benih di permulaan. Anda harus mengamati keadaan cuaca, betul-betul tak direkomendasikan jika Anda berniat melakukan penyebaran benih pada pergantian musim hujan atau kemarau. Sebab, benih ikan patin sangat peka pada perubahan suhu dan cuaca, dan juga mudah mati jika suhu berubah mendadak.


Profit Lebih Dari Ternak Patin

        Budidaya patin memang kian diminati oleh masyarakat, hal ini terbukti dengan banyaknya tambak yang dibangun dan dikelola secara mandiri. Tak hanya itu, dalam pengembangan ternak patin akan sangat jauh dari resiko terserang hama karena Anda membangun kolam di dalam ruangan.

        Anda juga dapat memindahkan kolam ke lahan-lahan baru yang dianggap lebih potensial. Sebagai menu makan, ikan ini juga mempunyai rasa yang khas dan mengandung protein hingga 70%. Pastinya akan ada banyak keuntungan financial dan kesehatan jika Anda dapat mengelola ikan patin di kolam terpal dengan aman dan stabil.


Lim Corportion Menjual Waring Sayur & Ikan. Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Waring Sayur Maupun Ikan
Phone: 031-8830487.
SMS/CALL/WA Kami Di : 0877 0282 1277 / 0852 3392 5564 / 0812 3258 4950.
Untuk info harga waring sayur & ikan silahkan klik DISINI


@ULM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar