Minggu, 12 November 2017

Tips Budidaya Labu Siam Sederhana Untuk Pemula


       Labu Siam atau bisa disebut Jipang (Sechium edule) ialah tanaman sayuran yang berasal dari suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Pada tumbuhan ini bagian yang bisa dimakan buah dan pucuk mudanya. Tumbuhan ini tumbuh merambat dengan buah menggantung dari tangkai. Daunnya mempunyai wujud mirip segitiga dengan permukaan berambut. Labu siam ini berwujud menyerupai bola lampu, permukaan kulit berambut yang agak tajam melainkan jarang-jarang dengan daging buah yang mengandung banyak air dan lunak.


Berikut ialah Metode membudidayakan Labu Siam atau Jipang :

Persyaratan Tumbuh

       Labu Siam bisa tumbuh baik di daerah tinggi ataupun dataran rendah. Di daerah pegunungan ialah daerah yang di sukai oleh tanaman labu siam karena berhawa dingin dan lembab. Tanah untuk menanam tumbuhan ini seharusnya mengandung banyak air, subur, gembur serta tanah harus memiliki  pH sekitar 5 hingga 6.
Waktu penanaman labu siam yang pas ialah pada akhir musim penghujan sekitar maret atau april.


Baca Juga :

Teknik Budidaya

1. Pembenihan

Pembenihan dikerjakan dengan sistem memakai buah labu siam yang sudah tua. Caranya buah sudah tua di petik lalu disimpan ada daerah adem hingga bertunas. Jika tunas sudah menempuh panjang sekitar 10 hingga 20 cm dengan daun 3-4 helai baru bisa di pindah ke lahan tanam.

2. Lahan Tanam

lahan yang akan di tanami tanaman labu siam mesti di buat lubang dulu dengan ukuran 50 cm untuk lebarnya dan 40 cm untuk dalamnya. Jarak antar lubang sekitar 3 meter dengan jarak antar baris sekitar 5 meter, kemudian tiap-tiap lubang diberikan pupuk kandang atau kompos di dasarnya.

3. Penanaman

Sesudah membuat lubang, benih labu siam yang sudah siap ditanam diletakkan pada lubang lalu ditimbun memakai tanah jangan terlalu tebal yang tipis saja karena jikalau terlalu tebal karenanya akan membuat benih menjadi busuk. Kemudian pada ketika tanaman sudah menempuh tinggi kaprah-kaprah 1/2 meter buatlah media rambat atau para-para memakai bambu atau yang lainnya.

4. Pemeliharaan atau Perawatan Tanaman

Jika tanaman tampak sudah lebat dibutuhkan pemangkasan ujung dan daunnya kaprah-kaprah sekitar 3 bulan setelah penanaman. Mengontrol arah rambat tanaman jangan hingga ke atas media rambat atau para-para juga perlu dikerjakan. Kecuali itu lakukan pembasmian hama dan penyakit pada tumbuhan juga penting supaya tumbuhan tumbuh maksimal, hama yang sering menyerang ialah oteng-oteng. Oteng-oteng bisa dipecahkan memakai insektisida.

Panen

Sekitar 4 bulan atau buah sudah banyak buah bisa dipanen, melainkan ingat jangan hingga telat memanennya.

Berikut manfaat dari labu siam :

- Bisa Menolong Menurunkan Berat Badan
- Bisa Menolong Mencegah Bayi Lahir Cacat
- Bisa Menolong Menurunkan Kolesterol
- Bisa Mencegah Penyakit Kanker
- Bisa Diwujudkan Sebagai Sumber Stamina
- Bisa Mencegah Penuaan Dini
- Bisa Diwujudkan Sebagai Sumber Antioksidan
- Bisa Mengobati Batu Ginjal
- Bisa Mencegah Ambeien
- Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
- Bisa Mengobati Kembung
- Bisa Mencegah Penyakit Jantung
- Bisa Diwujudkan Sebagai Sumber Pelbagai Mineral
- Bisa Mencegah Anemia
- Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Stroke



Lim Corportion Menjual Waring Sayur & Ikan. Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Waring Sayur Maupun Ikan

Phone: 031-8830487.
SMS/CALL/WA Kami Di : 0877 0282 1277 / 0852 3392 5564 / 0812 3258 4950.
Untuk info harga waring sayur & ikan silahkan klik DISINI

@ULM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar