Jumat, 21 Oktober 2016

Cara Budidaya Bengkoang Organik


Bengkoang adalah tumbuhan yang menjalar. Tanaman ini bisa memiliki panjang sampai 5-6 mtr. dengan kebiasaan menjalar dan membelit.
  • Penyiapan benih bengkoang
Benih bengkoang dapat diperoleh dengan dua langkah, pertama menyeleksi dari tanaman yang ada. Caranya pilih sebagian tanaman yang tampak sehat, lalu biarkan tanaman itu tumbuh berbunga sampai mengeluarkan polong.

Polong yang tumbuh hingga tua, kemudian polong siap dipanen sebagai benih. Apabila benih akan disimpan, sebaiknya jangan di buka kulit polongnya.

Langkah yang ke-2 yaitu dengan menyeleksi benih dari hasil panen. Pilih beberapa umbi yang kualitasnya bagus, Lalu simpan umbi itu di tempat yang memiliki kelembapan cukup. Biarkan tumbuh tunas pada umbi itu. Tunas yang terbaik adalah yang paling dekat dengan pusat umbi.

www.mulsa99.com

  • Pengolahan tanah dan penanaman
Pertama-tama tanah dibajak untuk menggemburkan tanah. Lalu buat bedengan agar drainase tanah berjalan baik. Lebar bedengan 1 mtr. dengan tinggi 20-25 cm, panjang bedengan disesuaikan dengan lahan. Atur jarak antar bedengan sebesar 40-50 cm.

campur kompos. Dosis pupuk dasar kurang lebih 20 ton per hektar. Lalu aduk hingga rata. Kemudian buat lubang tanam dengan cara ditugal sedalam 5-7 cm. Dalam satu bedeng buat dua baris lubang dengan jarak dalam baris 25 cm dan jarak antar baris 30 cm.

Sebelum benih ditanam sebaiknya rendam dulu benih selama 6-12 jam, lalu tiriskan dan biarkan selama sehari.
  • Perawatan budidaya bengkoang
Bengkoang termasuk juga tanaman yang tahan kekeringan. Tetapi jika terjadi kekeringan ekstrim, lakukan penyiraman seperlunya. Perlu diingat penyiraman jangan dilakukan setengah basah, hal semacam ini akan membuat tanaman mati dan layu.

 Info Update Harga Waring Sayur Cek Disini

Ketika tanaman berusia 2 minggu biasanya batangnya telah tumbuh dan mulai menjalar, pada umur  ini dapat dilakukan penyiangan tergantung kondisi dilahan.

Pada umur 3 minggu lakukan pemupukan tambahan dengan kompos kering

Pada umur 1 bln. mulai lakukan proses pengguntingan pucuk daun pada semua tanaman yang ada.

Pengguntingan dilakukan jika minimal 80% bunga sudah mekar, karena apabila pengguntingan dilakukan ketika bunga belum mekar maka umbi bengkoang yang terbentuk tidak akan bulat membesar

Baca Juga: 6 Tips Lengkap Teknik Menanam Sawi Hidroponik Berkualitas

Lim Corporation menyediakan waring sayur untuk pengepakan sayuran pasca panen. Siap kirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Untuk info pemesanan bisa langsung Hub 087702821277 | 085233925564 | 081232584950. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar